Whatsapp VS Yahoo Messenger

Gambar

 

Tahukah Anda tentang Yahoo Messenger dan Whatsapp ? Atau Anda sudah menggunakan keduanya ? Tapi , tahukah Anda perbandingan dari keduanya ? Jika belum , simak beberapa uraian di bawah ini.

 Penggunaan

WhatsApp dan Yahoo Messenger dapat digunakan untuk pengguna iPhone, BlackBerry, serta Symbian (Nokia). Aplikasi WhatsApp dan Yahoo Messenger hanya dapat bekerja untuk sesama pengguna yang memiliki aplikasi WhatsApp dan Yahoo Messenger.

Kestabilan Koneksi

WhatsApp ini mengandalkan koneksi internet melalui jaringan GPRS/EDGE/3G atau wifi untuk menjalankannya Sedangkan Yahoo Messenger dapat dibuka jika koneksi internet stabil.

Notifikasi

Terdapat notifikasi untuk pemberitahuan pesan baru pada Whatsapp. Sedangkan Yahoo Messenger notifikasi juga masuk ke email.

Menambahkan Teman

WhatsApp langsung mengambil data di phonebook dan melakukan sinkronisasi dengan server. Apabila no hp teman terdaftar di WhatsApp, otomatis aplikasi ini akan mengenalnya.Sedangkan Yahoo Messenger menggunakan user ID untuk menambahkan teman ke friend list.

Tanda pesan terkirim

Pada whatsapp tanda ceklist 1 berarti pesan terkirim ke jaringan , ceklist 2 berarti pesa terkirim ke ponsel penerima. Sedangkan pada Yahoo Messenger tanda pesan terkirim adalah adanya tanda panah.

Berbayar/Tidak Berbayar

Yahoo Messenger merupakan aplikasi chatting yang tidak berbayar sedangkan Whatsapp hanya gratis di tahun pertama, tahun selanjutnya akan dikenakan biaya. Jika ingin tetap gratis maka kita harus meng-uninstall kemudian meng-install-nya kembali.

Fitur-fitur lain

  1. Avatar : Whatsapp dan Yahoo Messenger mendukung fitur ini. Kita dapat mengganti avatar sesuai keinginan, atau meggatinya dengan foto kita agar orang lain mengenal kita.
  2. Add conversation shortcut : Pada Whatsapp dapat juga menambahkan shortcut conversation ke homescreen.Sedangkan pada Yahoo Messenger tidak bisa.
  3. Email Conversation : Whatsapp dan Yahoo Messenger dapat mengirim semua perbincangan melalui email.
  4. Copy/Paste : Setiap kalimat perbincangan juga dapat di copy, forward dan delete. Whatsapp dan Yahoo Messenger mendukung fitur ini.
  5. Smile icon : Untuk menambahkan serunya perbincangan, kita dapat menambahkan emotions dengan banyak pilihan. Pada whatsapp terdapat smile icon ini. Sedangkan pada Yahoo Messenger , selain smile icon juga terdapat animasi gerak.
  6. Block: digunakan untuk memblok kontak tertentu. Whatsapp dan Yahoo Messenger mendukung fitur ini.
  7. Status : seperti kebanyakan fitur IM, Status juga hadir di WhatsApp. Namun tidak seperti BBM yang menampilkan update terbaru setiap ada perubahan status dari teman, WhatsApp dan Yahoo Messenger hanya menampilkan status dibawah nama teman.Kita dapat mengganti status yang sudah tersedia di WhatsApp seperti available, busy, at school dll.
  8. Tidak hanya teks : WhatsApp memiliki fitur untuk mengirim gambar, video, suara, dan lokasi GPS via hardware GPS atau Gmaps. Media tersebut langsung dapat ditampilkan dan bukan berupa link.Sedangkan Yahoo Messenger memiliki fitur untuk mengirim gambar,video,suara saja.
  9. Video Call : Yahoo Messenger mendukung fitur ini , sedangkan Whatsapp tidak mendukung fitur ini.
  10. Broadcats dan Group chat: Broadcast untuk kirim pesan ke banyak pengguna. Group chat untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas. Whatsapp mendukung fitur broadcats dan group chat.Sedangkan Yahoo Messenger hanya mendukung fitur group chat.

Leave a comment