Search Engine Optimization (SEO)

  • Pengertian SEO

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti GoogleBing, dan Yahoo.

Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

 

  • Keuntungan SEO

Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :

  1. Mendatangkan Traffic yang Banyak

Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

  1. Meningkatkan Penjualan

Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.idyang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

  1. Meningkatkan Daya Saing

Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

 

  • Ada 2 macam SEO, yaitu:
  1. Onpage SEO ( Mengoptimasi Halaman)

Jika ingin halaman anda relevan, maka pastikan kata kunci yang anda incar ada pada..

  • Title TAG
  • URL & description artikel
  • Heading tag (h1, h2, h3, dan seterusnya…)
  • Image file name dan image alt tag
  • kalimat pertama dalam artikel anda.

    2. Offpage SEO

Dalam Offpage SEO ini ada yang namanya backlink dan anchor text. ANCHOR TEXT ini adalah text yang terlihat saat akan mengklik sebuah link.. Ini juga termasuk faktor penting dalam Offpage SEO karena Anchor Text tidak bisa lepas dari backlink.

Google itu menilai situs anda relevan untuk kata kunci tertentu, (misalnya anda membuat artikel mengenai “game MOTO GP”) ketika ada halaman PR tinggi tentang Game MOTO GP yang nge-link ke situs anda, dengan anchor text berupa “game MOTO GP”!

Maka…

Ini adalah indikator relevansi yang PALING BESAR bagi Google!! Google berpikir, semua orang bisa menyempurnakan nilai Offpage seo nya. Tapi hanya situs yang benar-benar relevan yang mendapatkan link dari halaman PR tinggi (yang relevan dengan keyword yang ingin anda incar) dengan anchor text berupa keyword tersebut.

 

 

Sumber :

http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/

http://www.muhammadhafizh.com/seo-adalah/

http://www.pojokwebsite.com/pengertian-seo.html

http://www.seoterpadu.com/2013/04/apa-itu-search-engine-optimization-seo.html

 

 

 

Leave a comment